sponsor

Android

Youtube

Aplikasi

Technology

Download

Android

Article

» » » » Cara Pengaturan Cetak layout pada Program Word

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh..."


Ahlan wasahlan, tutorial kali ini akan penulis bahas terkait " Bagaimana cara pengaturan cetak layout pada program Word ?, Seperti yang kita ketahui aplikasi program word yang dirilis oleh perusahaan Microsof Corporation setiap tahun tentunya ada perubahan versi. Tetapi walaupun demikian, tampilan menu bar tidak ikut banyak berubah, hanya mungkin ketika berganti versi kemungkinan besar adanya perubahan hanya ada pada sisi loading pada internet yaitu terkait cepat atau lambatnya kemunculan program ini.

Berkaitan dengan tutorial yang dibahas ini, sebenarnya hal ini bisa saja dilakukan oleh semua pengguna PC atau laptop, terutama ketika kita memakai software window tentunya sangat mudah kita mengoperasikan aplikasi-aplikasi di dalamnya termasuk program yang dibuat oleh microsof, berbeda dengan Software Mac atau Android, jelas perbedaannya sangat mencolok dilihat OS yang digunakannya, yang ana tahu bahwa secara umum program windows memang banyak digunakan untuk hardware PC atau laptop. 

A. Pengaturan Halaman (Page Setup):
Biasanya untuk mencetak halaman, bahan materi tersebut  sudah ditulis atau di format pada halaman program word, exel atau power point, apa yang harus dilakukan dalam pencetakan ini :
Pertama, Pengaturan Halaman atau dengan istilah " Page Layout " yang dapat diartikan Rekaletak Halaman, Ketika Page Layout di klik maka akan muncul tampilan-tampilan : Page Setup atau Susunan Halaman, Paragrafh atau Alinea dan Arrenge atau Susun. 
Oleh karena dalam pembahasan ini adalah  Rekaletak Halaman terkait Page Setup maka opsi yang lainnya tidak akan ana bahas sekarang, 

Kedua, Buka logo Window < buka < Dekstop < Buka < Program Word, dan setelah program dibuka akan tampak Menu Bar (lihat gambar format) :

Page Layout


Page margin
Ketiga, Untuk mengatur Susunan Halaman atau Page setup, pada opsi margin kita klik, kemudian akan tampak batas pengaturan atau Margin : Top Margin atau batas atas, Left Margin (batas sisi kiri), Bottom Margin (batas bawah) dan Right Margin (batas sisi kanan), tinggal kita atur mau berapa jaraknya 1 sd beberapa cm tergantung kebutuhan, seperti untuk pengetikan suatu karya ilmiah berbentuk Skripsi, Tesis atau Desertasi batas-batasnya sudah ditentukan : Top : 4 cm, Left : 4 cm, Right : 3 cm dan Bottom : 3 cm. 

Keempat, masih pada opsi margin, disitu ada pilihan orientasi posisi pencetakan (print out),  adapun jenis orientasi yang digunakan bisa memanjang kebawah (Portrait) atau potret dan Melebar ke samping (Landscape) atau pemandangan. Dan itu tergantung kebutuhan teks atau format yang akan dijadikan objek pencetakan (Print Out), lalu tekan " OK"

Paper

Kelima, Setelah selesai kita mengedit format margin, maka kita berlanjut ke opsi kedua yaitu membuka pengaturan jenis kertas, dimana jenis kertas bermacam-macam ada jenis : Legal, A4, A3, letter, Custom size, executive, emvelope dan lain-lain. 

Untuk jenis pencetakan Envelope, kita bisa memilih tergantung ukuran yang akan kita gunakan, sebagai contoh pada gambar : Width : 22 cm berarti amplop itu memiliki lebar kesamping 22 cm dan Height : 11 cm memiliki panjang kebawah 11 cm, kemudian untuk mengakhirinya tekan atau klik " OK"


B. Pencetakan Halaman (Print Out) :
Untuk membuka pengaturan cetak layout kertas, caranya adalah :


Print Out
Cara Pertama, CTRL + P = Control tambah Print  atau tekan File kemudian pilih opsi Print, Cara kedua Klik File < pilih < Print < OK (lihat gambar).

Pada opsi setting ini pencetakan bisa diatur berdasarkan ukuran yang sudah diedit sebelumnya, untuk mengatur halaman klik opsi page : isi halaman berapa yang akan dicetak, misal akan dicetak dari halaman 1 s.d. 10 maka pengisiannya Page : 1-10, kemudian memilih posisi portrait atau landscape dan jenis kertas : A4, A3, legal atau Envelope.

Demikian tutorial yang penulis bisa sampaikan,afwan atas kekurangan pada postingan tutorial kali ini, Jazakhallohu khoer atas kunjungannya.



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post