sponsor

Android

Youtube

Aplikasi

Technology

Download

Android

Article

» » » » Apa keuntungan dan kerugian menggunakan media sosial di internet dengan gadget

Jaman gini nggak kenal gadget, internet dan medsos..", Wow ketinggalan sekali sobat. Apa sih keuntungan bermain dunia maya di internet dengan gadget, semisal HP Android...?", Sungguh luar biasa jika anda sudah mengenal internet beserta aplikasi medsos dengan android selama ini. Kecanduan dengan gadget bukan menjadi masalah besar, kecuali melanggar ketentuan-ketentuan hukum yang diberlakukan dalam penggunaan gadget ini, berbeda apabila kecanduan barang haram seperti obat keras dan yang lainnya secara berlebihan menyebabkan badan baik secara jasmani maupun rohani (psikologis) menjadi sakit dan brutal, itu hal yang dilarang baik secara hukum maupun secara religi atau moralitas. Terkait handphone atau telepon genggam, dari institusi manapun belum ada larangan-larangan atau mengharamkannya dalam penggunaan gadget tersebut.
Menggunakan internet tidak selamanya merugikan kita, yang kadang walau memakai layanan internet ini harus bayar paket data atau paket pulsa umpamanya. anda jangan kendur atau patah semangat kawan, semasa uang itu masih dicari, tidak mengapa tiap bulan kita mengeluarkan uang sebesar apapun, yang penting hati ini lega dan puas. 
Tapi ingat..! bermain internet jangan lupa segala-galanya baik terhadap aktivitas dalam pekerjaan maupun dalam hal urusan rumah tangga atau ibadah,  hal seperti ini tentunya tidak terus lagi berulang-ulang, yang tidak diharapkan oleh kita bukan. 
Sebenarnya, pengguna internet ini dikhususkan kepada orang-orang yang memiliki keprofesionalan dalam pekerjaan, yaitu seorang programmer,administrator (admin) atau seorang operator suatu perusahaan, yang di atas rata-rata memiliki pengetahuan tentang jaringan internet dan pemograman komputer, itu jaman dulu sobat. Jaman sekarang, jangankan orang yang profesional,  anak kecil saja sudah pintar bermain internet, bukan?" anak-anak diusia balita saja, mereka dengan senang bermain game atau video melalui Android. 
Apakah mendidik seperti itu keliru atau salah...", Oh tidak, kenapa saya merespon seperti itu?, bagaimanapun itu tergantung prilaku orangtua itu sendiri, Lho...!, kalau ibu dan bapaknya pegang HP Android, pastinya demikian,  anak-anakpun juga manusia tentunya punya keinginan seperti apa yang dilakukan ibu dan bapaknya.
Jelaslah, itu bagaimana contoh dari orangtua, betulkah?". Kalaupun dikendalikan, namanya anak-anak pasti mereka selalu ingin tahu dan mencoba (trial and erorr). Jadi dalam hal ini, jangan salahkan anak, problematika seperti itu secara internal terkait gadget tidak bisa dihindarkan dan pasti terjadi terkecuali para orangtua memilih untuk tidak memiliki atau menggunakan telepon genggam (handphone) selama ini, tentunya dalam kaitan mendidik anak bisa terukur dengan baik disamping suasana di rumah menjadi aman, nyaman dan tentram,yang tidak terjadi hingar bingar disebabkan efek negatif yang muncul dari penggunaan gadget tersebut, Oke.
Jika selama ini para orangtua masih menggunakan gadget ini, tentunya anak-anak akan meniru dan mengikutinya, itulah sedikit sekelumit dampak dari penggunaan gadget di rumah.

Kemudian apa sih keuntungan menggunakan gadget semisal handphone android?, Adapun keuntungan-keuntungan menggunakan gadget adalah sebagai berikut:
  • Sebagai alat komunikasi dengan keluarga, sahabat dan teman sejawat di tempat pekerjaan;
  • Sebagai alat untuk mencari informasi penting, seperti : Artikel, referensi, rujukan, makalah-makalah, karya ilmiah atau berita-berita penting;
  • Sebagai alat untuk membentuk tali persahabatan atau group-group melalui jaringan-jaringan media sosial seperti : Facebook, WhatsApp, Instagram, Twiter dan lain-lain;
  • Sebagai alat pengingat waktu bekerja atau jadwal shalat berupa jam digital atau jam alarm;
  • Sebagai alat untuk membuat aplikasi seperti : Android, Audio, Video (Media Player), Blog, Web dan Software;
  • Sebagai arsip, yaitu untuk menyimpan dokumen-dokumen penting seperti Photo, Audio, Video atau Media Player dan file-file berbetuk tekstual dan faktual secara online atau offline;
Kemudian apa kerugian-kerugian dalam penggunaan handphone, diantaranya, sbb;
  • Jika terlalu lama menggunakannya bisa menyebabkan sakit mata dan sakit kepala, menurut sumber informasi seorang peneliti Andrew Przybylski  dari Univesity of Oxford bahwa jika dalam waktu melebihi batas maksimal yaitu 4 jam 17 menit menggunakan gadget seperti ini, hal  itu bisa mengganggu kinerja otak, apalagi penggunaan gadget itu sampai habis volume baterainya, ini bisa memicu bahaya terhadap perkembangan psikologis(inet.detik.com)
  • Membuang-buang waktu luang dan peluang inisiatif yang positif;
  • Kontradiktif terhadap keinginan untuk berkembang dan maju dalam hal prestasi, apresiasi, kreasi secara faktual;
  • Kehilangan pekerjaan yang proaktif dan produktif;
  • Tumpulnya otak sensorik dalam menganalisis hasil aktifitas dan kreatifitas, disebabkan fokusnya informasi pada gadget;
  • Renggangnya hubungan sosial dengan keluarga, sahabat dan  teman sejawat secara lahiriah. Demikian artikel yang saya bahas, semoga bermanfaat, Wassalam.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post